Perbedaan Fitur Backup & Sync Files di HP Kamu Banyak yang Nggak Tahu!

Meskipun telah tak jarang digunakan oleh para pengguna smartphone, tetapi masih banyak orang yg nggak memahami perbedaan antara fitur backup dan fitur sync.

Backup dan Sync adalah 2 istilah yg sering kamu dengar atau lihat waktu memakai smartphone Android juga iPhone.

Keduanya mempunyai fungsi yg seperti, yakni melindungi data-data yg terdapat pada smartphone kamu menggunakan meng-copy data tersebut ke lokasi lain.

Meskipun mirip, namun terdapat beberapa poin krusial yang membedakan keduanya. Kamu tahu bedanya?

Supaya kamu nggak salah membedakannya, Jaka akan menjelaskan secara rinci mengenai pengertian dan disparitas antara fitur backup dan sync. Simak terus ya, geng!

DAFTAR ISI

  • Definisi Istilah Backup pada Smartphone
    • Kelebihan & Kekurangan Melakukan Backup / Auto Backup
  • Definisi Istilah Sync dalam Smartphone
    • Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Sync / Auto-Sync

Definisi Istilah Backup dalam Smartphone

Backup 2cef3

Backup adalah proses meng-copy data berdasarkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Contoh mem-backup data adalah saat engkau meng-copy data dari laptop kamu ke hard disk eksternal, cloud storage, personal komputer lain, dan sebaliknya.

Mem-backup file merupakan cara paling tradisional yg bisa diandalkan buat melindungi data engkau agar nggak hilang.

Bayangkan jika data krusial di smartphone atau PC engkau hilang, geng. Pasti pusing banget, deh.

Backup bisa dilakukan secara manual juga otomatis. Backup manual ke device lain sanggup menjadi pilihan utama bagi kamu yg senang menyimpan foto & video dalam jumlah banyak.

Auto backup merupakan suatu proses saat kamu memberi perintah pada smartphone atau device engkau buat meng-copy data secara otomatis ke drive atau cloud secara berkala.

Kamu mampu menggunakan aplikasi buat auto-backup sinkron dengan kebutuhan kamu.

Auto backup akan meng-upload data kamu secara otomatis ke pada cloud / drive. Meskipun mudah, namun kapasitas cloud yang terbatas akan menciptakan engkau nir bisa leluasa dalam melindungi data.

Kelebihan & Kekurangan Melakukan Backup / Auto Backup

Meskipun dipercaya menjadi cara yg tradisional, masih poly orang yang mengandalkan backup menjadi upaya melindungi data.

Berikut merupakan beberapa kelebihan & kekurangan yang engkau dapatkan saat menggunakan fitur backup & auto backup.

Kelebihan Kekurangan
Dapat dilakukan secara otomatis Prosesnya yang lamban lantaran wajib meng-copy seluruh data
Dapat dilakukan secara otomatis beberapa kali sehari Tidak bisa diakses secara remote sang device lain
Tidak perlu membuat folder buat mem-backup arsip secara spesifik

Definisi Istilah Sync dalam Smartphone

Sync Aaca2

Sync merupakan suatu proses yang mampu engkau lakukan secara manual atau otomatis buat meng-copy atay menghapus data yg diperlukan buat memastikan bahwa 2 lokasi penyimpanan memiliki data yang sama / identik.

Kedua lokasi atau device yang pada sync / disinkronisasi akan menggabungkan kabar data yg ada sehingga keduanya mempunyai data yang sama dan paling update.

Sync terbukti lebih cepat daripada melakukan back up. Namun, sync mempunyai risiko yang lebih tinggi, geng. Kalau galat, mampu-sanggup data yg kamu miliki malah hilang.

Platform yg paling tak jarang dipakai orang buat mensinkronisasikan data dari smartphone mereka merupakan Google Drive, Dropbox, OneDrive, & masih poly lagi.

Misalkan masih ada 2 lokasi / device berbeda yang ingin kamu sync. Lokasi 1 mempunyai data A & B, sedangkan lokasi 2 mempunyai data B saja

Ketika engkau melakukan sync menurut lokasi 1 ke lokasi dua, lokasi 1 akan otomatis menghapus data A karena lokasi 2 tidak memiliki data A pada dalamnya.

Sebaliknya, saat engkau melakukan sync dari lokasi dua ke lokasi 1, lokasi dua akan otomatis men-download data B yang dimiliki oleh lokasi 1 sehingga kedua lokasi memiliki data A & B.

Kelebihan & Kekurangan Melakukan Sync / Auto-Sync

Untuk melakukan sync, engkau membutuhkan membutuhkan koneksi internet kencang. Hal ini yg berakibat sync dianggap menjadi fitur yg lebih modern dibanding backup.

Berikut adalah kelebihan & kekurangan yang kamu peroleh menurut fitur sync & auto-sync.

Kelebihan Kekurangan
Prosesnya cepat karena hanya meng-copy data yg belum terdapat Sync akan error saat folder pada lokasi 1 & lokasi dua mempunyai nama yg berbeda sekalipun memiliki data yang identik
Dapat dibuka oleh semua device yang memiliki akses kapan & pada mana saja Apabila device yang engkau pakai terkena virus lalu engkau pakai untuk sync menggunakan device lain, device lain tersebut akan ikut terkena virus

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai disparitas antara fitur backup dan fitur sync. Semoga setelah membaca artikel ini, ilmu engkau semakin bertambah ya, geng.

Kalau kamu ingin menambahkan atau mengoreksi tulisan Jaka pula boleh, kok. Kamu tinggal tulis saja pendapat engkau pada kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel Jaka lainnya, ya!

Cara backup chat WhatsApp dan Cara memulihkan chat WhatsApp

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Tercepat & Terbaru 2019

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Efek Gitar

Cara Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe