5 Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS

Sama-sama menjadi sistem operasi unggulan yg poly dipakai di global, berikut beberapa disparitas antara keduanya.

Android & iOS merupakan dua sistem operasi super besar yang ketika ini paling terkenal pada kalangan pengguna smartphone di dunia.

Bahkan, kedua sistem operasi ini pula mampu mengalahkan poly sistem operasi HP lainnya misalnya Symbian ataupun BlackBerryOS yg sekarang akhirnya bangkrut.

>Sama-sama populer & sangat berpengaruh dalam perkembangan global HP, sebenarnya apa, sih, perbedaan berdasarkan ke 2 sistem operasi ini?

DAFTAR ISI

  • Perbedaan Sistem Operasi Android & iOS
    • Kustomisasi Tampilan
    • Toko Aplikasi Resmi
    • Berbagi Data
    • Model Sumber (Source)
    • Asisten Virtual
  • BONUS: Tabel Perbandingan Perbedaan Android Dan iOS

Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS

Mampu bertahan & menjadi penguasa di dunia gadget, tentunya sistem operasi Android dan iOS ini punya banyak keunggulan yg nir dimiliki sang OS lainnya.

Tapi, berdasarkan ke 2 OS ini sendiri sebenarnya apa saja, sih, perbedaannya? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel selengkapnya berikut ini.

1. Kustomisasi Tampilan

Kustomisasi Tampilan 3abfd

Jika dicermati dari interface atau antarmuka keduanya, baik sistem operasi Android ataupun iOS memiliki kecenderungan berupa gerakan sentuh seperti misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit.

Hanya saja dalam hal kebebasan kustomisasi tampilan user interface (UI), keduanya terdapat disparitas, geng.

Sistem operasi Android sendiri memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi tampilan misalnya menambahkan widget & shortcuts pada page home, atau bahkan mengubah semua tampilan UI menggunakan aplikasi launcher.

Sedangkan, di sistem operasi iOS pengguna nir diberikan kebebasan untuk melakukan hal tadi, geng.

Meskipun masih mampu menambahkan widget, tapi widget di OS iOS nir mampu dipasang dalam laman home melainkan hanya di notification bar saja.

2. Toko Aplikasi Resmi

Toko Aplikasi Bae25

Saat ini semua smartphone telah dilengkapi dengan toko aplikasi yang menyediakan banyak sekali pelaksanaan menarik yang bisa didownload sang penggunanya.

Meskipun keduanya sama-sama mempunyai toko aplikasi, hanya saja toko pelaksanaan yang tersedia pada HP Android dan iOS tidak sinkron, geng.

HP Android dibekali toko aplikasi bernama Google Play yang mampu bebas dan gampang diakses lewat peran HP ataupun PC uang terhubung menggunakan akun google kita.

Sementara, iOS sendiri memiliki toko aplikasi bernama App Store yg hanya bisa diakses lewat perangkat besutan Apple saja, geng.

3. Berbagi Data

File Sharing 8601b

Berbagi data adalah salah satu kegiatan yg seringkali dilakukan oleh pengguna smartphone ketika ini, entah menurut HP ke PC, PC ke HP, ataupun HP ke HP.

Sayangnya, hal tersebut akan sangat sulit dilakukan oleh pengguna yg mempunyai HP menggunakan sistem operasi iOS, geng.

Hal itu dikarenakan perangkat iOS nir bisa melakukan sharing data ke perangkat lain yg berbeda OS kecuali memakai iTunes.

Nggak heran jika perangkat iOS seringkali disebut-sebut sebagai perangkat anti sosial karena keterbatasannya tersebut.

Sementara, di perangkat Android sendiri pengguna bisa secara bebas mengembangkan data ke perangkat lain baik menggunakan bluetooth ataupun kabel USB.

Namun, keterbatasan yang dimiliki iOS tersebut justru menciptakan perangkat iOS lebih sulit terjangkit virus yg berpotensi sanggup Mengganggu arsip, geng.

4. Model Sumber (Source)

Model Sumber 1061d

Perbedaan selanjutnya menurut kedua sistem operasi ini merupakan contoh sumber atau source-nya, geng.

Android merupakan sistem operasi menggunakan sumber terbuka atau biasa dikenal dengan istilah "open source", yg merupakan perangkat menggunakan OS ini memungkinkan buat dimodifikasi secara bebas sang penggunanya.

Sementara itu, iOS merupakan sistem operasi menggunakan sumber tertutup atau "closed source" sehingga pengguna perangkat menggunakan OS ini nir diberikan kebebasan buat mengganti perangkat sinkron dengan keinginannya sendiri.

Meskipun OS dengan sumber terbuka sekilas terlihat lebih unggul, tetapi hal itu jua bisa jadi kelemahan lho, geng.

Hal itu dikarenakan sistem operasi ope source mampu dimanfaatkan oleh pihak nggak bertanggung jawab yang bisa berpotensi mengembangkan virus & malware dalam OS Android yg digunakan.

lima. Asisten Virtual

Asisten Virtual Dcb80

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kini pengembang pula telah membekalkan sistem operasinya dengan asisten impian langsung yg sanggup membantu memudahkan pengguna.

Kamu sanggup menciptakan perintah apapun memakai donasi berdasarkan asisten impian ini misalnya menelepon seseorang, memasang alarm, membuka aplikasi eksklusif, & lain-lain.

Sistem operasi Android sendiri mengandalkan asisten impian bernama Google Assistant, ad interim iOS mengandalkan donasi Siri.

Pada dasarnya, kedua asisten impian tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu membantu penggunanya.

Hanya saja Google Assistant menunjukkan hal lebih di mana pengguna sanggup meminta hiburan ataupun permainan, sedangkan Siri lebih terus-menerus & kaku.

BONUS: Tabel Perbandingan Perbedaan Android Dan iOS

Perbedaan Android iOS
Kustomisasi Tampilan Bisa menambahkan widget pada home screen
Bisa menggunakan pelaksanaan launcher
Widget hanya timbul di notification bar
Toko Aplikasi Resmi Google Play App Store
Berbagi Data Bisa memakai bluetooth & kabel USB Harus memakai iTunes
Model Sumber Open source Closed source
Asisten Virtual Google Assistant Siri

Akhir Kata

Nah, itu tersebut beberapa perbedaan antara sistem operasi populer Android & iOS, geng.

Dengan beberapa perbedaan yg dimiliki sang keduanya, tentunya dua sistem operasi ini juga punya kelebihan & kekurangan masing-masing.

Oleh karena itu sangat sulit buat menentukan mana yg terbaik, karena memang keduanya menunjukkan fitur-fitur yg jelas tidak sama.

Yakin sudah tahu bedanya Android dan IOS | ReviewGadgetIndonesia

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Tercepat & Terbaru 2019

Cara Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe

7 Fitur iOS yang Kini Sudah Ada di Android